TIPS MEMBERSIHKAN TELINGA

Banyak orang yang sering melupakan kebersihan telinga, padahal telinga yang kotor tidak hanya mengurangi daya pendengaran kita tapi juga akan membuat orang lain enggan untuk mendekati kita. Membersihkan telinga adalah langkah yang paling baik untuk menjaga kebersihan pribadi. Kadang kita sering berusaha untuk membuang kotoran yang lengket di dalam telinga. Kotoran pada telinga disebabkan oleh partikel-partikel kecil yang masuk ke lubang telinga.
Didalam membersihkan telinga hendaknya kita perlu berhati-hati untuk melakukannya karena pada bagian telinga terdapat bagian yang sensitif yaitu selaput atau gendang telinga. Kebersihan telinga memang harus dijaga, tetapi dengan cara yang benar. Terkadang kita ceroboh dan menganggap sepele  dengan menggunakan alat-alat yang berbahaya seperti korek kayu atau sejenis benda keras yang kita korekkan pada telinga disaat terasa gatal, itu merupakan cara yang beresiko dan tidak sehat.
Berikut cara yang benar untuk membersihkan telinga:
  • Gunakan kain lembab dan lap bagian luar telinga Anda. Hal ini lebih mudah untuk membersihkan telinga setelah mandi.
  • Gunakan cotton bud hanya untuk daun telinga atau bagian luar lubang.
  • Saat membersihkan, gunakan gerakan keluar, bukan ke dalam serta jangan dikorek. Kebiasaan mengorek bagian dalam telinga menggunakan cutton bud dan alat pembersih dengan bahan keras, sama sekali tidak disarankan. Tak perlu terlalu bersih karena tak selamanya bersih itu baik, apalagi untuk telinga Anda, seperti misalnya lapisan minyak atau serumen yang terdapat di sekitarnya. Walau lengket, serumen sebenarnya berfungsi untuk mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga Anda.
  • Terapkan 3-4 tetes baby oil ke dalam telinga dengan menggunakan jarum suntik. Anda dapat membeli jarum suntik – tanpa jarum – di apotek. Untuk menerapkan baby oil, miringkan kepala Anda dengan telinga menghadap ke atas, ke arah langit-langit. Buka sedikit daun telinga Anda agar minyak dapat masuk ke saluran telinga dengan mudah.
  • ¬†Teteskan baby oil pada sepotong kapas. Lalu, gunakan itu untuk menyumpal telinga bagian luar. Tujuannya agar minyak yang telah dimasukkan ke dalam telinga tidak mengotori pakaian atau bantal ketika keluar.
  • Biarkan baby oil tetap di telinga Anda selama 15 menit. Lamanya waktu membersihkan tergantung pada ada atau tidaknya sumbatan di telinga. Jika Anda mengalami sumbatan kotoran di telinga, maka butuh waktu agak lama untuk melunakkan kotoran tersebut. 15 menit adalah waktu yang cukup untuk standar pembersihan telinga.
  • Lepaskan bola kapas dari telinga dan buang. Kemudian isi jarum suntik dengan air hangat. Ini akan membersihkan sisa-sisa kotoran yang lengket di kanal telinga.
  • Keluarkan air dari telinga dengan memutar kepala ke arah berlawanan. Taruh handuk bersih tepat di bawah telinga untuk menampung sisa air. Ulangi ketujuh langkah ini pada telinga yang lain.
 

Tips diatas adalah cara yang efektif untuk membersihkan saluran telinga dari kotoran.

Janganlah membersihkan telinga terlalu sering, bersihkan ketika merasa gatal atau pendengaran kurang jelas, karena kandungan yang mirip lem atau lilin cair yang terdapat pada telinga dapat melindungi telinga dari bakteri dan kuman.

Jika mengalami mesulitan untuk membersihkan telinga, sebaiknya serahkan pada dokter (THT). Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

2,581 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>