Tips Menurunkan Panas Pada Anak

Panas atau demam pada anak merupakan isyarat bahwa tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi yang menyerang . Tapi terkadang orangtua sering panik lalu buru-buru membawanya ke dokter atau memberinya obat penurun panas. Padahal demam tidak selalu butuh obat lho, bahkan dapat turun secara alami. Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics mengatakan, demam setinggi apapun tidak akan merusak saraf. Kebanyakan hanya memicu keluarnya keringat dalam jumlah banyak yang justru mempercepat kesembuhan penyakit yang sesungguhnya.

Janice Sullivan, MD dari University of Louisville yang melakukan penelitian itu mengatakan, bakteri atau virus juga lebih sulit berkembang biak ketika suhu tubuh sedang tinggi. Suhu tinggi meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh di kelenjar limpa.

Ketika orang tua atau dokter merasa obat diperlukan, direkomendasikan bahwa sebaiknya mereka menggunakan formula anak-anak, bukan yang dibuat untuk orang dewasa. Orang tua sering memberi terlalu banyak atau berlebihan dalam dosis obat. Laporan nya menekankan bahwa pemberian dosis harus diukur dengan berat badan, bukan umur atau tinggi badan.Overdosis dapat menyebabkan kerusakan pada hati, “Saya berpikir bahwa banyak orang tidak menyadari bahwa asetaminofen,( parasetamol ) red.¬†¬†bisa berbahaya,”

Sullivan mengatakan, satu-satunya alasan untuk memberikan obat turun panas adalah untuk mengurangi rasa gelisah dan tidak nyaman pada anak. Penyakitnya sendiri lebih cocok diobati dengan antibiotik, meski kadang-kadang fungsi obat ini masih bisa digantikan oleh sistem kekebalan tubuh.

Tips untuk menurunkan panas anak secara alami sebagai berikut:

  1. Mengompres anak dengan air biasa bukan es atau alkohol karena perbedaan suhu bisa membuat anak kejang. Lakukan kompres di dahi, ketiak dan selangkangan.
  2. Berikan minuman atau cairan yang banyak.
  3. Jangan menggunakan baju tebal. pakaikan anak pakaian yang tipis agar tidak menghambat keluarnya panas.
  4. Hub dokter jika suhu tubuhnya melampaui 38 derajat celcius untuk anak usia 3-6 bulan, melampaui 39 derajat celcius untuk anak usia di atas 6 bulan, dan demam tidak turun selama 96 jam atau 4 hari.

sumber : nova
gambar : pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

2,551 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>