Tips Memelihara Harddisk Eksternal

Tips Memelihara Harddisk EksternalHarddisk Eksternal merupakan solusi tepat untuk penyimpanan data dalam jumlah banyak ataupun sebagai cadangan. Nah, hal yang belum diketahui oleh banyak orang adalah bagaimana cara menjaga agar Harddisk eksternal tersebut bisa tetep awet dan tidak cepat rusak.

  1. Gunakan 2 buah fasilitas slot USB, untuk hindari kekurangan daya.
  2. Gunakan fasilitas Safety Remove Hardware.
    Agar tidak terjadi bad sector, matikan listrik dengan mencabut kabel USB melalui prosedur.  Jangan mematikannya ketika putaran piringan hardisk sedang cepat.
  3. Gunakan pouch/tas kecil untuk kebersihan dan perlindungan Harddisk Eksternal. Sehingga yang tahan benturan. Tapi jika ingin digunakan pastikan mengeluarkan port USB dari tasnya. Karena tas tersebut menghambat pelepasan panas.
  4. Jangan menaruh Harddisk Eksternal di atas benda-benda yang bermuatan magnet.
    Seperti speaker, ponsel, radio dll. Ini akan mempengaruhi data-data yang tersimpan pada piringan. Karena data yang ada pada piringan terjadi karena proses magnetasi. Maka daya magnet yang kuat akan merusak data yang menempel.
  5. Jangan sampai Harddisk Eksternal tersiram air.
  6. Bersihkan slot USB Harddisk Eksternal dari debu dengan blower.
  7. Jangan menggunakan Harddisk Eksternal sebagai media penyimpanan data utama, karena rentan rusak jika cabut pasang USB. Jika Harddisk Eksternal digunakan dalam jangka waktu lama seperti bermain game atau menjadikan sebagai booting operating system maka kerja head dalam membaca menulis akan lebih keras lagi. Ini juga dapat menyebabkan bad sector
  8. Usahakan jangan sampai overheating atau kepanasan.
  9. Harddisk Eksternal hendaknya letakan pada tempat yang statis tidak bergerak atau bergetar. Jangan terbentur atau jatuh, lebih-lebih saat mengcopy data. Karena akam mempengaruhi kerja head. Head yang mengambang diatas permukaan piringan akan tertarik atau menjauh sehingga pembacaan data tidak normal. Keadaan ini dapat juga menyebabkan bad sector.
  10. Lakukan defragmet secara berkala mungkin 1 bulan sekali untuk mengatur ruang kosong pada hdd. Pemakaian dapat menyebabkan ruang kosong tidak tertata rapi dan akan menyisip pada data-data lain. Akibatnya kerja Harddisk Eksternal makin keras. Gunakan tool defrag yang sudah disediakan oleh Windows.
  11. Pasang Antivirus pada Harddisk Eksternal. Antivirus yang bisa digunakan misal: Smadav, Trendmicro, Naevius, dll.

~berbagai sumber~
foto : pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

19,700 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>